Putra, I Komang Wahyu Aditya (2022) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V KECAMATAN SUKAWATI PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031255-COVER.pdf Download (258kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031255-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031255-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031255-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031255-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031255-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031255-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031255-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031255-LAMPIRAN.pdf Download (826kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Kecamatan Sukawati pada masa pembelajaran tatap muka pasca pandemi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survey deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berada di wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, dengan jumlah siswa kelas V total 296 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Multistage Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kombinasi dari 2 (dua) atau lebih metode pengambilan sampel yang berbeda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa tes uraian yang telah melalui uji validitas butir soal dan uji reliabilitas. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata skor keterampilan berpikir kritis siswa claster kota sebesar 67,18 dan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis siswa claster desa sebesar 70 yang apabila dikonversikan pada PAP skala lima termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Kecamatan Sukawati pada masa tatap muka pasca pandemi berada pada kategori tinggi. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD Kecamatan Sukawati cluster desa lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis siswa cluster kota.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berfikir kritis, pembelajaran tatap muka pasca pandemi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Wahyu Aditya Putra |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 05:56 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 05:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13637 |
Actions (login required)
View Item |