PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VEKTOR BERBASIS GEOGEBRA DENGAN STRATEGI 3M (MEDIA, METODE DAN MATERI) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X MIPA

Sari, Kadek Kumala (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VEKTOR BERBASIS GEOGEBRA DENGAN STRATEGI 3M (MEDIA, METODE DAN MATERI) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X MIPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011093-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011093-ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011093-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011093-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011093-LAMPIRAN.pdf

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika berbasis Geogebra yang valid serta praktis sebagai alternatif pembelajaran pada materi vektor dengan strategi pendekatan 3M (Media, Metode dan Materi) untuk peserta didik kelas X MIPA. Adapun prosedur pengembangan media pembelajaran ini menerapkan langkah-langkah dari model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas media pembelajaran yang dikembangkan adalah berupa lembar penilaian media pembelajaran dan angket respon para peserta didik serta para guru. Hasil dari media pembelajaran yang sudah dikembangkan memperoleh skor kevalidan 4,45 dengan klasifikasi sudah valid dan skor kepraktisan diperoleh 4,57 dengan klasifikasi sudah praktis sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil akhir pengembangan bahan ajar ini layak digunakan sebagai bahan ajar matematika pada materi vektor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Geogebra, Model 4D, Media Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Kumala Sari
Date Deposited: 30 Jan 2023 08:36
Last Modified: 30 Jan 2023 08:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

View Item View Item