EVALUASI SISTEM PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) NONFISIK KESETARAAN PADA SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL KABUPATEN JEMBRANA TAHUN ANGGARAN 2021

Lestari, Gusti Ayu Putu Wulan Pramana (2023) EVALUASI SISTEM PENGGUNAAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) NONFISIK KESETARAAN PADA SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL KABUPATEN JEMBRANA TAHUN ANGGARAN 2021. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031003-COVER)
2129031008-Cover.pdf

Download (509kB)
[img] Text (2129031003-ABSTRAK)
2129031003-Abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text (2129031003-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031003-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (288kB)
[img] Text (2129031003-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031003-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (2129031003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031003-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (2129031003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031003-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (2129031003-BAB 5 PENUTUP)
2129031003-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (2129031003-DAFTAR PUSTAKA)
2129031003-Daftar Pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] Text (2129031003-LAMPIRAN)
2129031003-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama-sama pada konteks, input, proses, produk dan kendala-kendala yang terjadi dalam sistem penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan tahun 2021 pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembarana. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP. Subjek pada penelitian ini adalah petugas yang bertugas pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana yang berjumlah 20 orang. Data variabel konteks, input, proses dan produk pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuisioner yang menggunakan skala Likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kunatitatif. Untuk menentukan efektivitas sistem penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan pada Satuan Pendidikan, skor mentah ditrasformasikan ke dalam Z- skor lalu ke T-skor kemudian diverivikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang dilakuka, didapatkan hasil bahwa: 1) Penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan ditinjau dari conteks adalah kurang efektif pada Satuan Pendidikan Nonformal di Kabupaten Jembrana tahun anggaran 2021, 2) Efektivitas penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan ditinjau dari input adalah efektif pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana tahun anggaran 2021, 3) Efektivitas penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan ditinjau dari procces adalah efektif pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana tahun anggaran 2021, 4) Efektivitas penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan ditinjau dari product adalah efektif pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana tahun anggaran 2021, 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap penggunaan DAK Nonfisik Kesetaraan ditinjau dari context, input, process, product adalah efektif pada Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Jembrana tahun anggaran 2021, dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan DAK adalah 1) Kurangnnya jumlah tenaga administratif, 2) Kurangnya jumlah Pamong Belajar, dan 3) Kurang liniernya Pendidikan Pamong Belajar dengan mata pelajaran yang diampu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: DAK Nonfisik, CIPP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Wulan Pramana Lestari
Date Deposited: 06 Feb 2023 07:41
Last Modified: 06 Feb 2023 07:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item