Citariani, I Gusti Ayu Oka (2023) EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SMA SWASTA KRISTEN HARAPAN DENPASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031036-COVER)
2129031036-Cover.pdf Download (942kB) |
|
Text (2129031036-ABSTRAK)
2129031036-Abstrak.pdf Download (244kB) |
|
Text (2129031036-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031036-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (396kB) |
|
Text (2129031036-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031036-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (2129031036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031036-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (2129031036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031036-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) | Request a copy |
|
Text (2129031036-BAB 5 PENUTUP)
2129031036-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (2129031036-DAFTAR PUSTAKA)
2129031036-Daftar Pustaka.pdf Download (367kB) |
|
Text (2129031036-LAMPIRAN)
2129031036-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama-sama pada context, input, process, product dan kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan penggunaan dana BOS di SMA Swasta Kristen Harapan Denpasar pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan penggunaan dana BOS, skor mentah ditransformasikan ke dalam Z skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari komponen context tergolong kurang efektif, 2) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen input tergolong kurang efektif, 3) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen process tergolong efektif, 4) pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen product tergolong kurang efektif, 5) hasil evaluasi terhadap pelaksanaan penggunaan dana BOS ditinjau dari dari komponen context, input, process dan product diperoleh hasil kurang efektif (--+-). 6) Kendala-kendala dalam pelaksanaan penggunaan dana BOS sebagai berikut. (1) sistem penyusunan RKAS dengan menggunakan aplikasi masih dirasa kurang maksimal, (2) dana BOS yang diterima oleh SMA Swasta Kristen Harapan masih sering mengalami keterlambatan, (3) anggaran dana BOS di SMA Swasta Kristen Harapan selama masa pandemi COVID-19 belum mencukupi untuk kebutuhan kegiatan ekstrakurikuler, (4) sistem penyusunan laporan pertanggung jawaban masih dirasa sedikit rumit. 7) Solusi yang hendak dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut antara lain: (1) Sistem aplikasi RKAS pusat hendaknya selalu diperbaharui agar menjadi lebih lengkap dan lebih spesifik, (2) tim pengelola dana BOS harus lebih disiplin dan lebih cermat dalam melaporkan penggunaan dana BOS dan kondisi sekolah, (3) dana BOS hendaknya lebih diprioritaskan untuk meningkatkan prestasi pendidik dan peserta didik, (4) diadakan pelatihan penyusunan laporan pertanggung jawaban dana BOS.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Efektivitas, Dana BOS, CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Oka Citariani |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 01:00 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13809 |
Actions (login required)
View Item |