ANALISIS KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD INPRESS SARUDU IV SULAWESI BARAT

Arruan, Ezri Gusti (2023) ANALISIS KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD INPRESS SARUDU IV SULAWESI BARAT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031018-COVER)
2129031018-Cover.pdf

Download (790kB)
[img] Text (2129031018-ABSTRAK)
2129031018-Abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text (2129031018-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031018-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (356kB)
[img] Text (2129031018-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031018-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (2129031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031018-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (2129031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031018-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (2129031018-BAB 5 PENUTUP)
2129031018-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (2129031018-DAFTAR PUSTAKA)
2129031018-Daftar Pustaka.pdf

Download (460kB)
[img] Text (2129031018-LAMPIRAN)
2129031018-Lampiran.pdf

Download (759kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersedian sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Inpress Sarudu IV Sulawesi Barat. Penelitian ini didesain dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Penelitian melibatkan 10 responden dengan menggunakan beberapa instrumen, yaitu peneliti, lembar observasi, panduan wawancara, kuesioner, dan lembar catatan. Kemudian, data yang terkumpulkan dianalisis secara kualitatif dengan melibatkan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa 1) ketersediaan sarana dan prasarana di SD Inpress Sarudu IV Sulawesi Barat mencakup meja siswa (135), meja guru (20), bangku siswa (135), kursi guru (20), papan tulis (8), lemari, (8), kapur dan penghapus papan (56), sedangkan terdapat delapan prasarana, yakni ruang kelas (14), ruang guru (1), ruang kepala sekolah (1), perpustakaan (2), sanitasi/toilet (5), laboratorium (1), kantin (1), dan UKS (1); 2) kondisi sarana dan prasarana dikategorikan pada kondisi baik; 3) faktor yang mempengaruhi ketersediaan sarana dan prasarana, yaitu a) jumlah siswa, b) optimalisasi pembelajaran, dan c) Permen No.24 tahun 2007; 4) kendala terkait penyediaan sarana mencakup a) alat bantu, b) tidak ada loker, c) teknologi, d) gangguan jaringan, namun kendala prasarana mencakup a) ruang kelas panas b) kurangnya alat laboratorium, c) kekurangan buku, dan d) waktu singkat ke perpustakaan; 5) upaya dalam mengatasi kendala sarana dengan a) pemanfaatan barang yang tersedia, b) penyediaan meja, c) pelatihan teknologi, d) penyediaan Wi-Fi, disisi upaya prasarana dengan a) penyediaan kipas angin, b) pemanfaatan alat laboratorium, c) pemesanan buku, d) perpanjang waktu berkunjung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Sarana Prasarana, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ezri Gusti Arruan
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:27
Last Modified: 17 Feb 2023 06:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item