PENGEMBANGAN MEDIA JEOPARDY GAME BERBASIS POWERPOINT UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Sari, Ida Ayu Lingga Komala (2023) PENGEMBANGAN MEDIA JEOPARDY GAME BERBASIS POWERPOINT UNTUK MUATAN PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911033004-COVER.pdf

Download (251kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911033004-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911033004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911033004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911033004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911033004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911033004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911033004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911033004-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Jeopardy Game berbasis powerpoint untuk muatan IPA di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Materi yang digunakan yaitu materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya, alasan digunakanya materi tersebut dikarenakan pada nilai KKM siswa di kelas V masih kurang, sehingga perlu dilakukan sebuah penelitian. Subjek penelitian yaitu 2 ahli isi pembelajaran dan 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu siswa kelas V SD yan berjumlah 21 siswa. Sedangkan objek pada penelitian ini validitas media Jeopardy Game yang dikembangkan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu rating scale. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian yang diberikan oleh ahli isi materi pembelajaran yaitu yaitu 95,3% sehingga mendapatkan kualifikasi sangat baik. Penilaian yang dilakukan oleh ahli media pembelajajaran yaitu 93% (sangat baik). Hasil uji coba respon siswa mendapatkan persentase 4,509% (sangat baik). Disimpulkan bahwa Media Jeopardy Game berbasi Powerpoint valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Jeopardy, Game, Powerpoint, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ida Ayu Lingga Komala Sari
Date Deposited: 14 Feb 2023 00:28
Last Modified: 14 Feb 2023 00:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item