Dewiagustini, putu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI DESCRIPTIVE TEXT DI SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051010-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051010-Abstrak.pdf Download (412kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051010-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815051010-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1815051010-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051010-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051010-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051010-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media dan mengimplementasi media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan dengan menggunakan software adobe animate serta mengetahui respons guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model MDLC (Multimedia Development life cycle). Penelitian ini dilakukan di kelas VII di SMP Negeri 4 Singaraja dengan 32 peserta didik. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran bahasa inggris materi descriptive text berbasis discovery learning dengan menggunakan adobe animate, dengan memperoleh koefisien uji ahli media dan ahli isi sebesar 1.00 dengan kriteria “Sangat Valid”, kemudian pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 81,32% dengan kualifikasi “Baik”, uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 81,46% dengan kualifikasi “Baik”, selanjutnya pada uji coba lapangan memperoleh presentase 84,62% dengan kualifikasi “Baik”, Hasil uji efektivitas dengan perhitungan N-gain memperoleh nilai 0,86 dengan kriteria Efektif, selanjutnya uji respon peserta didik pesentase sebesar 64,9% kategori ”Sangat Positif” kriteria “Sangat Praktis”, uji respon pendidik memperoleh persentase sebesar 46% kategori ”Sangat Positif” kriteria “Sangat Praktis”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, bahasa inggris, MDLC. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Dewi Agustini |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 01:39 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 01:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13895 |
Actions (login required)
View Item |