Megarini, Ni Putu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Layanan Kesehatan Fase E Kelas X Di SMK Negeri 4 Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051015-COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051015-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815051015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051015-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pada penelitian yang telah dikembangkan memiliki tujuan untuk menghasilkan sekaligus mengimplementasikan, menguji keefektifan media pembelajaran interaktif, menganalisis respons dari guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran dasar-dasar layanan kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dan penelitian atau Research and Development dengan model ADDIE. Subjek yang dilibatkan yaitu 30 orang responden dari peserta didik kelas X AK 1 dan 1 orang guru pengampu dari mata pelajaran dasar-dasar layanan kesehatan. Berdasarkan tahapan penelitian yang telah dilaksanakan memperoleh hasil perhitungan dari masing-masing pengujian para ahli isi, ahli desain dan media yaitu memperoleh nilai rata-rata yaitu 1,00 yang memiliki tingkat validitas yaitu “Sangat Tinggi”. Perhitungan dari pengujian terhadap efektivitas yang menggunakan soal pretest dan posttest mendapatkan hasil N-Gain senilai 0,78 dengan interpretasi “Tinggi” sedangkan perhitungan dari uji respons guru dan peserta didik masing-masing mendapatkan hasil nilai rata-rata yaitu sebesar 50 dan 67,1 yang memiliki kriteria yaitu “Sangat Praktis”. Oleh karena itu, hasil yang telah diperoleh menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi serta layak untuk dipergunakan di kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Dasar-dasar Layanan Kesehatan, Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > RT Nursing T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Megarini |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 00:58 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 00:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13904 |
Actions (login required)
View Item |