PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 MAN BULELENG

Hapipi, Lia Hesti (2023) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 MAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011045-COVER.pdf

Download (487kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011045-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011045-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan model Blended Learning berbantuan Google Classroom dalam proses pembelajaran matematika ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas XI MIPA 2 MAN Buleleng pada semester ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi sedangkan pengumpulan data prestasi belajar matematika siswa menggunakan tes prestasi belajar matematika siswa dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus dan mencapai kriteria baik pada akhir siklusnya, dengan persentase skor aktivitas belajar siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III berturut-turut yaitu 46%, 63,68% dan 70,62%. Skor rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa yang berada pada kriteria tuntas meningkat pada setiap siklusnya yaitu 41,28, 67,44 dan 81,66 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada setiap siklusnya yaitu 21,87%, 59,37% dan 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Blended Learning berbantuan Google Classroom dapat memberikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 MAN Buleleng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: blended learning, google classroom, aktivitas belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Lia Hesti Hapipi
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:35
Last Modified: 21 Feb 2023 02:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13931

Actions (login required)

View Item View Item