Windya Candrayani, Ni Made (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Nilai Karakter dalam Tokoh Pewayangan Ramayana Muatan Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tojan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031027-COVER.pdf Download (637kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031027-ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1911031027-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031027-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kualitas rancang bangun komik digital berbasis nilai karakter dalam tokoh pewayangan Ramayana muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tojan, (2) untuk mengetahui kualitas komik digital berbasis nilai karakter dalam tokoh pewayangan Ramayana muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tojan, (3) untuk mengetahui efektivitas komik digital berbasis nilai karakter dalam tokoh pewayangan Ramayana muatan pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Tojan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun media pembelajaran komik digital berbasis nilai karakter dalam tokoh pewayangan Ramayana meliputi beberapa tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan hasil penilaian uji rancang bangun memperoleh 90,90% (kualifikasi sangat baik). (2) Kualitas media pembelajaran komik digital dinyatakan sangat baik berdasarkan hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran memperoleh 91,67% (kualifikasi sangat baik), uji ahli desain pembelajaran memperoleh 88,63% (kualifikasi baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh 90% (kualifikasi sangat baik), uji coba perorangan memperoleh 93,33% (kualifikasi sangat baik), dan uji coba kelompok kecil memperoleh 94,44% (kualifikasi sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa nilai t hitung = −11,996 dan t tabel taraf signifikansi 5% diperoleh 2,048. Hal ini berarti t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis nilai karakter dalam tokoh pewayangan Ramayana muatan pelajaran IPS efektif diterapkan pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tojan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik digital, karakter, pewayangan Ramayana |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Windya Candrayani |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:57 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13938 |
Actions (login required)
View Item |