Aristiani, Ni Kadek Rita (2023) Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V SD No. 1 Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031012-COVER.pdf Download (658kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031012-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031012-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Book berbasis Problem Based Learning yang efektif digunakan khususnya muatan pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Buatan kelas V SD. (1) Berdasarkan rancang bangun, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah produk E-Book berbasis Problem Based Learning dengan kualitas produk sangat baik dan baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Berdasarkan hasil penilaian menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 88,60% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 siswa memperoleh skor 97,50% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik sehingga produk yang dikembangkan dengan kualitas sangat baik dan baik. (3) Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 28 siswa memperoleh thitung = - 8,91 untuk db = 27 dan taraf signifikan 5% = 2,05. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Book berbasis Problem Based Learning efektif digunakan pada muatan pelajaran IPS kelas V SD. Implikasi E-Book ditunjang dari sarana dan prasarana di sekolah seperti internet/WiFi, SmartPhone/Laptop, LCD/proyektor, serta keterampilan guru dan siswa dalam mengakses E-Book.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Rita Aristiani |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 09:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 09:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13959 |
Actions (login required)
View Item |