Galuh, Desak Ketut Sri (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Muatan Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 4 Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031110-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031110-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (97kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031110-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031110-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan video pembelajaran. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan dua puluh empat siswa kelas V SD Negeri 4 Gianyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media video pembelajaran matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli materi 92,30%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 91,07%, uji perorangan 93,94%, uji kelompok kecil 93,69%, uji lapangan 92,42% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t_hitung sebesar 7,239 untuk dk = 23 dan taraf signifikan 5% t_tabel = 1,713 sehingga H_(0 )ditolak dan H_(1 ) diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada muatan materi pecahan kelas V SD Negeri 4 Gianyar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada muatan materi pecahan efektif untuk diterapkan di kelas V SD Negeri 4 Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan,Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Ketut Sri Galuh |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 10:21 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 10:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13966 |
Actions (login required)
View Item |