Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Muatan Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 4 Gianyar

Galuh, Desak Ketut Sri (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Muatan Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 4 Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031110-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031110-ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031110-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031110-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031110-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan video pembelajaran. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan dua puluh empat siswa kelas V SD Negeri 4 Gianyar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media video pembelajaran matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli materi 92,30%, ahli desain pembelajaran 90,90%, ahli media pembelajaran 91,07%, uji perorangan 93,94%, uji kelompok kecil 93,69%, uji lapangan 92,42% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t_hitung sebesar 7,239 untuk dk = 23 dan taraf signifikan 5% t_tabel = 1,713 sehingga H_(0 )ditolak dan H_(1 ) diterima. Ada perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika sesudah menggunakan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual pada muatan materi pecahan kelas V SD Negeri 4 Gianyar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran Matematika berbasis Kontekstual pada muatan materi pecahan efektif untuk diterapkan di kelas V SD Negeri 4 Gianyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan,Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Ketut Sri Galuh
Date Deposited: 18 Feb 2023 10:21
Last Modified: 18 Feb 2023 10:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item