PENGARUH AKUNTABILITAS, NASIONALISME, ETIKA PUBLIK, KOMITMEN MUTU, DAN ANTI KORUPSI (ANEKA) TERHADAP KINERJA GURU ANGKATAN TAHUN 2019 DI KOTA DENPASAR

Riani, Ni Ketut (2023) PENGARUH AKUNTABILITAS, NASIONALISME, ETIKA PUBLIK, KOMITMEN MUTU, DAN ANTI KORUPSI (ANEKA) TERHADAP KINERJA GURU ANGKATAN TAHUN 2019 DI KOTA DENPASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1939011010 - COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1939011010 - ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1939011010 - BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1939011010 - BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1939011010 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1939011010 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1939011010 - BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1939011010 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1939011010 - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel ANEKA, yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika public, komitmen mutu dan sikap anti korupsi terhadap kinerja guru ASN. Penelitian ini menggunakan pendekatan model ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah guru ASN kota Denpasar 2019 sebanyak 174 orang, jumlah sampel diambil berdasarkan Tabel Cohen, Manion & Morison dengan minimal sampel 115 orang, sampel penelitian diambil lebih banyak untuk menghindari bias data, yaitu sebanyak 129 guru ASN diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Seluruh data dikumpulkan menggunakan teknik kuesioner dengan Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan: (1) model hubungan antar-variabel yang berpengaruh terhadap kinerja guru terbukti secara empiris; (2) akuntabilitas berpengaruh signifikan dengan kinerja guru karena diperoleh nilai p = 0,006 < 0,05 dengan nilai standar estimasi korelasi sebesar 1,237 yang menunjukkan tingkat korelasi yang tinggi karena berada di atas angka 0.5; (2) nasionalisme tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru karena diperoleh nilai p = 0.094 > 0,05; (3) bahwa etika publik tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena diperoleh nilai p = 0.987 > 0,05; (4) komitmen mutu berpengaruh signifikan dengan kinerja guru karena diperoleh nilai p = 0,023 < 0,05 dengan nilai standar estimasi korelasi sebesar 0,953 yang menunjukkan tingkat korelasi yang tinggi karena berada diatas angka 0.5; (5) Sikap antikorupsi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai p = 0,206 > 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel ANEKA secara bersama sama berpengaruh terhadap kinerja guru walaupun dengan nilai yang berbeda beda. Implikasinya dalam upaya peningkatan kinerja guru ASN perlu difokuskan pada pengembangan akuntabilitas dan komitmen mutu guru melalui diklat latsar maupun kegiatan lainnya. Semua variabel berpengaruh secara bersama sama terhadap kinerja guru namun diantara variabel tersebut yang paling berpengaruh pada kinerja guru ASN adalah akuntabilitas dan komitmen mutu, sehingga pembinaan dalam ANEKA untuk meningkatkan kinerja guru sebaiknya berfokus pada aspek-aspek akuntabilitas dan komitmen mutu. Kata Kunci: akuntabilitas, nasionalisme, etika public, komitmen mutu, sikap anti korupsi, kinerja guru

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: akuntabilitas, nasionalisme, etika public, komitmen mutu, sikap anti korupsi, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: NI KETUT RIANI
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:22
Last Modified: 16 Feb 2023 05:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14007

Actions (login required)

View Item View Item