Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Materi Manage Incoming Call di SMKN 2 SINGARAJA

Santini, Putu Devi (2023) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Materi Manage Incoming Call di SMKN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (503kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMKN 2 Singaraja khususnya pada mata pelajaran front office penggunaan media dan sumber belajar masih kurang efektif dikarenakan terbatasnya sumber belajar seperti halnya buku atau modul front office yang menyebabkan penurunan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Berbantuan kecanggihan dari perkembangan teknologi maka diperlukan suatu pengembangan konten pembelajaran interaktif sebagai alternatif dari permasalahan yang ada, yaitu peserta didik kurang memahami materi yang dijelaskan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan konten interaktif berbasis discovery learning dengan menggunakan software adobe captivate, serta untuk mengetahui respon pendidik maupun peserta didik terhadap dikembangkannya konten interaktif. Adapun jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Selain itu subjek yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah 30 orang peserta didik di SMK Negeri 2 Singaraja. Beberapa tahap penelitian telah dilalui maka diperoleh suatu produk konten pembelajaran interaktif berbantuan software adobe captivate yang diimplementasikan melalui LMS google classroom memperoleh skor 1,00 untuk uji ahli isi dan uji ahli media yang berada pada kriteria Sangat Valid. Selain itu hasil uji efektivitas menggunakan N-Gain memperoleh nilai 0,74 dengan kriteria Efekktif. Kemudian berdasarkan dari perhitungan respon guru dan peserta didik menunjukkan rata-rata skor yaitu 42 dan 62,4 yang berada pada kategori Sangat Positif dan Sangat Praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Operator Telepon, Front Office, Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Putu Devi Santini
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:02
Last Modified: 17 Feb 2023 07:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

View Item View Item