PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN PERJALANAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD GUGUS IV MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023

Ni Nyoman Kerti, Kuntari (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN PERJALANAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD GUGUS IV MENGWI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031259-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031259-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031259-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031259- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031259-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031259-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031259-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031259-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031259-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas II SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II di SD Gugus IV Mengwi sebanyak 221 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas II SD No. 3 Lukluk sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas II SD No. 1 Lukluk sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Tes kompetensi pengetahuan matematika diberikan pada saat post-test secara tertulis. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Uji Ankova. Hasil dari uji hipotesis diperoleh Fhitung= 69,24 > Ftabel = 4,04 dengan taraf signfikansi 5% , dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 48. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan melalui model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan pada siswa kelas II SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Rata-rata posttest kelompok eksperimen X1 = 84,15 > X2 = 69,28 rata-rata posttest kompetensi pengetahuan matematika kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas II SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan bagi peneliti lain yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga papan perjalanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, alat peraga papan perjalanan, kompetensi pengetahuan matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Kerti Kuntari
Date Deposited: 20 Feb 2023 00:16
Last Modified: 20 Feb 2023 00:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item