Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Teknik Self Regulated Learning Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMK

Novalia, Indah (2023) Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Teknik Self Regulated Learning Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011009-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011009-ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011009-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011009-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011009-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dalam mengembangkan serta melakukan uji validitas isi dan efektivitas buku panduan konseling cognitive behavior teknik self regulated learning untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang dosen bimbingan konseling sebagai ahli dan 2 orang guru BK SMKN Darul Ulum Muncar Banyuwangi sebagai praktisi yang memiliki tugas dalam melakukan uji kegunaan, ketepatan, serta kelayakan buku panduan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument validitas pakar yang kemudian dianalisis dengan formula CVR (Content Validity Ratio), CVI (Content Validity Indeks), dan t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh pernyataan instrument diterima serta mendapatkan hasil CVI sebesar 0,69 dengan kategori sangat sesuai, maka dari itu buku panduan konseling cognitive behavior teknik self regulated learning telah memenuhi ketentuan untuk digunakan. Uji efektivitas buku panduan melibatkan 7 siswa dengan menggunakan eksperimen one group pre-test dan post-test design. Hasil uji-t didapatkan harga t_hitung sebesar 5,074. Koefisien tersebut kemudian dibandingkan menggunakan t_tabel dengan df = 6 pada taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hal tersebut, maka diperoleh t_tabel sebesar 2,446 hal ini berarti t_hitung > t_tabel sehingga Ho ditolak. Hasil ini menyatakan bahwasannya pengembangan buku panduan konseling cognitive behavior teknik self regulated learning efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Cognitive Behavior, Self Regulated Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Indah Novalia
Date Deposited: 22 Feb 2023 00:52
Last Modified: 22 Feb 2023 00:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14050

Actions (login required)

View Item View Item