Dewi, Ni Putu Purnama (2023) INVESTIGATING THE AUTHENTIC ASSESSMENT IMPLEMENTATION BASED ON CURRICULUM 2013 AT SMKS PARIWISATA WERDI SILA KUMARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081031-COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081031-ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081031-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi, N. P. P. (2023). Investigating the Authentic Assessment Implementation based on Curriculum 2013 at SMKS Pariwisata Werdi Sila Kumara. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris. Program Studi Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Thesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nyoman Adi Jaya Putra, M.A. dan Pembimbing II: Dr. Ni Komang Arie Suwastini, M.Hum. Kata kunci: Kurikulum 2013, penilaian otentik, Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian autentik berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK. Penelitian ini dilakukan di SMKS Pariwisata Werdi Sila Kumara tahun pelajaran 2022/2023. Dua guru bahasa Inggris kelas dua belas merupakan subjek penelitian ini. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus yang menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, dan lembar analisis dokumen sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kedua guru bahasa Inggris telah menerapkan penilaian otentik untuk menilai siswanya. Beberapa aspek sangat diterapkan dan mendominasi, seperti jenis penilaian pilihan guru yang selalu mencerminkan kehidupan dan kondisi sehari-hari di industri pariwisata. Namun, masih ada beberapa aspek penerapan penilaian otentik yang kurang, seperti dalam mengembangkan kriteria penskoran, menggunakan rubrik penskoran, dan memberikan umpan balik kepada siswa. Menurut observasi kelas dan wawancara, guru bahasa Inggris menghadapi beberapa tantangan ketika melakukan penilaian otentik, antara lain kurangnya motivasi siswa, kurangnya partisipasi siswa, kemampuan siswa yang rendah, kelas yang padat, dan format penilaian yang rumit. Hampir semua masalah telah diselesaikan oleh guru. Mereka percaya bahwa dengan mengikuti pelatihan guru, mereka dapat memperoleh banyak informasi untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi. Studi ini menyarankan pelatihan guru yang lebih komprehensif harus dilakukan untuk membimbing guru melakukan penilaian otentik yang lebih efektif dan optimal. Selain itu, sekolah sebaiknya menyediakan format penilaian siap pakai dalam bentuk digital yang lebih mudah digunakan oleh guru sehingga menghemat waktu dalam melakukan penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Curriculum 2013, authentic assessments, Vocational High School |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Purnama Dewi |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 06:16 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 06:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14083 |
Actions (login required)
View Item |