Akmal, Akmal (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MUATAN IPA KELAS VI SD NEGERI 1 PANJI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021015-COVER.pdf Download (210kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021015-ABSTRAK.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (936kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021015-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran muatan IPA, (2) untuk mengetahui validitas multimedia interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran muatan IPA, dan (3) untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran muatan IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran muatan IPA memiliki 5 tahap pengembangan yaitu, tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Validitas kelayakan multimedia memperoleh hasil penilaian meliputi: a) ahli isi pembelajaran sebesar 97% dengan predikat sangat baik, b) ahli desain pembelajaran sebesar 96% dengan predikat sangat baik, c) ahli media pembelajaran sebesar 91% dengan predikat sangat baik, d) uji coba perorangan sebesar 96,66% dengan kualitas sangat baik, e) uji coba kelompok kecil sebesar 94,77% dengan predikat sangat baik, dan f) uji coba lapangan dengan 94,35% dengan predikat sangat baik. (3) efektivitas multimedia interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran muatan IPA menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan multimedia interaktif. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran muatan IPA kelas VI di SD Negeri 1 Panji dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Problem Based Learning, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Akmal |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 03:51 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 03:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14085 |
Actions (login required)
View Item |