Pratiwi, Kadek Sintya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Interaktif Pada Materi Tematik Selamatkan Makhluk Hidup Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas VI SD No 1 Blahkiuh Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031054-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031054-ABSTRAK.pdf Download (315kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031054-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas rancang bangun media teka-teki silang interaktif pada materi tematik selamatkan makhluk hidup pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas VI SD No. 1 Blahkiuh tahun ajaran 2022/2023, (2) mengetahui kualitas media teka-teki silang interaktif pada materi tematik selamatkan makhluk hidup pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas VI SD No. 1 Blahkiuh tahun ajaran 2022/2023, dan (3) mengetahui efektivitas media teka-teki silang interaktif pada materi tematik selamatkan makhluk hidup pada muatan pembelajaran IPS siswa kelas VI SD No. 1 Blahkiuh tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadaptasi model ADDIE. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media teka-teki silang interaktif dengan hasil penilaian uji rancang bangun memperoleh skor 90,91% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kualitas media teka-teki silang interaktif dinyatakan sangat baik berdasarkan penilaian uji ahli isi pembelajaran memperoleh skor 90,00%, uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor 88,60% dan uji ahli media pembelajaran memperoleh skor 91,00%, uji coba perorangan memperoleh skor 90,83% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 91,39%. (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 8,00 dengan harga ttabel taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,706. Dengan demikian, harga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, media pembelajaran teka-teki silang interaktif pada muatan pembelajaran IPS efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Hasil Belajar IPS, Teka-teki Silang |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Sintya Pratiwi |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 04:35 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 04:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14093 |
Actions (login required)
View Item |