Sukmawati, Dedek Yuni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENCARI JEJAK (BIG MAZE ULAR TANGGA) DALAM KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK WISATA KUMARA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061047-COVER.pdf Download (853kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061047-ABSTRAK.pdf Download (531kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061047-BAB 1 PANDAHULUAN.pdf Download (659kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (566kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan sebagai media untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun Media Pembelajaran Mencari Jejak (Big Maze Ular Tangga) dalam kemampuan kognitif pada anak, (2) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran Mencari Jejak (Big Maze Ular Tangga) dalam kemampuan kognitif pada anak, (3) Mengetahui respon siswa terhadap Media Pembelajaran Mencari Jejak (Big Maze Ular Tangga) di Kelompok B Tk Wisata Kumara Timur. Model pengembangan ini memanfaatkan model ADDIE dengan lima tahapan, yakni: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementations (Implementasi) dan Evaluations (Evaluasi). Didalam penelitian ini berfokus pada tahapan pengembangan saja, sedangkan untuk tahapan implementasi serta evaluasinya hanya dilaksanakan dalam skala yang kecil saja. Pada penelitian ini, subjek yang dipilih adalah dosen ahli media yakni satu orang, dosen ahli materi yakni satu orang, guru yang berjumlah satu orang dan juga respon dari dua belas orang siswa. Pada penelitian ini, objek penelitiannya adalah validitas pengembangan media pembelajaran mencari jejak (Big Maze Ular Tangga). Metode penelitian ini berupa metode kuisioner, dimana dilakukan dengan pemberian instrument penilaian Skala Likert. Penganalisasian data dilakukan dengan penghitungan mean dalam mencari nilai rerata kelayakan pengembangan media pembelajaran mencari jejak (Big Maze Ular Tangga) dalam kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Wisata Kumara Timur. Hasil analisis data memperoleh bahwa nilai validitas dari ahli media berjumlah 96%, ahli materi 98%, guru 96%, dan 95% respon siswa pada tingkat kualifikasi sangat baik. Maka, disimpulkan media pembelajaran mencari jejak (Big Maze Ular Tangga) dalam kemampuan kognitif dikategorikan valid serta dapat dipergunakan pada proses belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media pembelajaran, Ular Tangga, Kognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Dedek Yuni Sukmawati |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 01:36 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14094 |
Actions (login required)
View Item |