Wati, Ni Putu Elya Purnama (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS IV KECAMATAN MENGWI BADUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031122-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031122-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (408kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031122-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031122-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (484kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031122-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan media komik terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Mengwi Badung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain rancangan yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Mengwi Badung yang terdiri dari 241 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 63 siswa, yang terdiri dari SD No. 3 Lukluk sebanyak 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan SD No. 1 Lukluk sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan Matematika dilakukan dengan metode tes dalam bentuk uraian. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA. Berdasarkan hasil analisis diperoleh diperoleh F_hitung = 120,25 dan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh F_tabel = 4,00. Dengan demikian, nilai F_hitung > F_tabel sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media komik dan kelompok siswa yang tidak menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media komik setelah mengendalikan pretest pada siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Mengwi Badung tahun ajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media komik berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Mengwi Badung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, komik, kompetensi pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Elya Purnama Wati |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:48 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14108 |
Actions (login required)
View Item |