PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD N GUGUS III KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Listyawati, Lidia Kadek (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA WORDWALL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD N GUGUS III KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031282-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031282-ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031282-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031282-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031282-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031282-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031282-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031282-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031282-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siswa sering merasa bosan saat pembelajaran IPA dikarenakan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurang menarik, yang membuat rendahnya pemahaman belajar IPA siswa dan menyebabkan siswa tidak tertarik untuk memahami pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA tidak cukup dijalani pembelajaranya hanya dengan menyampaikan informasi tentang konsep IPA saja, tetapi juga harus memahami proses dengan melakukan pengindraan melalui kegiatan demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran Inkuiri berbantuan media wordwall terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 423 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 29 siswa pada kelas eksperimen dan 29 siswa pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode tes. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda.Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model inkuiri berbantuan media wordwall adalah 84,36, sedangkan rata-rata siswa kelas kontrol dengan yang tidak menggunakan model inkuiri adalah 58,36. Hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat dibuktikkan melalui hasil analisa data statistik “uji t test” Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 11.389 sedangkan ttabel dengan dk = 2.00 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,002. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan selisih tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran sehat itu penting. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pengetahuan, IPA, Model Inkuiri, Media Wordwall
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Lidia kadek listyawati
Date Deposited: 19 Feb 2023 05:05
Last Modified: 19 Feb 2023 05:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item