PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN RAKYAT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR BARAT

Widiantari, Ni Komang (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN RAKYAT TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS KOMPYANG SUJANA DENPASAR BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031034-COVER.pdf

Download (906kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031034-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031034-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Audiotry, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan media permainan rakyat terhadap kompetensi pengetahuan IPAS. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana, Kecamatan Denpasar Barat dengan total 645 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV B SD Negeri 14 Padangsambian sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa 33 orang dan kelas IV C SD Negeri 8 Padangsambian sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 31 orang. Metode pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPAS menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban sebanyak 30 butir soal. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,91 yang berada pada kategori rendah, dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 14,65 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 23,45 yang berada pada kategori sedang, dan rata-rata post-test kelompok kontrol 18,45 yang berada pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung = 4,48 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 62 adalah 2,00. Hasil tersebut menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan media permainan rakyat terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pengetahuan IPAS, model SAVI, permainan rakyat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Widiantari
Date Deposited: 19 Feb 2023 04:18
Last Modified: 19 Feb 2023 04:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item