English Language Education Students’ Motivation to Learn English as a Foreign Language in Ganesha University of Education (Undiksha) Bali: A Survey Study

Utami, Ni Wayan Novita Sari (2020) English Language Education Students’ Motivation to Learn English as a Foreign Language in Ganesha University of Education (Undiksha) Bali: A Survey Study. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021165-COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021165-ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021165-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021165-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021165-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat motivasi, orientasi motivasi dan perbedaan motivasi berdasarkan jenis kelamin mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Pendidikan Ganesha di Bali. Terdapat 150 mahasiswa baru yang terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 20 item tentang tingkat motivasi dan orientasi mahasiswa. Kuesioner diadaptasi dari Gardner's (1985) dan Al-Khasawneh & Al-Omari (2015). Peneliti menggunakan analisis deskriptif dan inferensial untuk mengidentifikasi tingkat dan jenis motivasi mahasiswa baru dalam belajar bahasa Inggris. Tes non-parametrik diterapkan untuk menyelidiki perbedaan motivasi mahasiswa baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa baru sangat memiliki motivasi tinggi terhadap pembelajaran bahasa Inggris. Mereka termotivasi secara integratif dan instrumental untuk belajar bahasa Inggris. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa mahasiswa baru perempuan memiliki tingkat motivasi yang lebih tinggi daripada mahasiswa baru laki-laki dengan perbedaan yang signifikan. Terkait dengan motivasi integratif dan instrumental, mahasiswa baru perempuan juga memiliki skor rata-rata lebih tinggi daripada mahasiswa baru laki-laki tanpa perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Integratif, Instrumental, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Wayan Novita Sari Utami
Date Deposited: 26 Feb 2020 00:33
Last Modified: 26 Feb 2020 00:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1416

Actions (login required)

View Item View Item