Devi, Made Inten Surya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA BAGI SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031040-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031040-ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031040-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pada saat pembelajaran sehingga peserta didik sulit dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Populasi adalah seluruh kelas V SD yang terdiri dari 15 kelas sebanyak 463 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pada pengumpulan data, instrument yang digunakan berbentuk tes objektif pilihan ganda biasa, sehingga didapatkan data berupa skor kompetensi pengetahuan IPA yang berbentuk data kuantitatif, kemudian hasil gains score ternormalisasi dianalisis menggunakan analisis uji-t. Rerata gains skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen 22,96 dan kelompok kontrol 17,46. Hasil analisis data membuktikan bahawa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Diperoleh thitung = 8,99 > ttabel = 2,000 (α=0,05 dan dk=54) maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Maka disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di SDN Gugus 1 Kecamatam Kuta Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pengetahuanIPA, Model Kooperatif, Index Card Match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Inten Surya Devi |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 03:35 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 03:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14163 |
Actions (login required)
View Item |