Darmawan, Putu Agung Putra (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTUAN MASALAH HOTS DAN MODEL PEMBELAJARAN POE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 8 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011099-COVER.pdf Download (278kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011099-ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011099-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011099-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran POE berbantuan masalah HOTS dan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian menggunakan eksperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi pada penelitian menggunakan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Singaraja dan sampel yang digunakan untuk siswa kelas eksperimen 1 sebanyak 38 siswa dari kelas VIII 4, siswa kelas eksperimen 2 sebanyak 38 siswa pada kelas VIII 3, dan siswa kelas kontrol sebanyak 38 siswa pada kelas VIII 1. Kesetaraan dari ketiga kelas tersebut diketahui berdasarkan nilai PAS. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil tes essay kemampuan berpikir kritis. Hasil rata-rata skor tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 adalah 61.74, kelas eksperimen 2 adalah 59.05, dan kelas kontrol adalah 56.03. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen 1 lebih baik daripada rata-rata skor kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Hasil yang didapat dari pengujian hipotesis memakai uji ANAVA satu jalur dengan taraf signifikansi 5% dan mendapatkan hasil F_hitung>F_tabel (4.883>3.078). Hasil tersebut menggambarkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen 1, eksperimen 2, dan kontrol. Hasil untuk uji komparasi ganda menggunakan uji Scheffe dengan taraf signifikansi 5% dan hasil F_(1-2)<F_DK (2.155292<6.156), F_(2-3)<F_DK (2.73969<6.156), dan F_(1-3)>F_DK (9.754952>6.156). Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran POE berbantuan masalah HOTS merupakan model yang terbaik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model POE Berbantuan Masalah HOTS, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Agung Putra Darmawan |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:14 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14180 |
Actions (login required)
View Item |