PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA REMAJA KORBAN KEKERASAN

Angreni, Ni Made Rita (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGATASI KECEMASAN PADA REMAJA KORBAN KEKERASAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911011003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911011003-ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911011003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, menilai validasi buku panduan dan mengetahui efektivitas panduan konseling behavioral teknik cognitive restructuring berbasis website untuk mengatasi kecemasan pada remaja korban kekerasan. Panduan konseling ini merupakan pedoman bagi guru BK ataupun konselor dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah dan instansi terkait. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, (1974). Penilaian validasi panduan ini dinilai oleh 4 ahli/pakar dalam bidang bimbingan konseling dan 1 ahli/pakar dalam bidang teknologi pendidikan . Instrumen penilaian yang digunakan terdiri dari 14 butir pernyataan yang mengacu pada keterterimaan panduan. Analisis validitas menggunakan formulasi perhitungan Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe, (1975). Hasil menunjukkan validitas isi (CVI) sebesar 1 yang berarti sangat baik atau istimewa. Hal ini menunjukkan bahwa panduan konseling behavioral teknik cognitive restructuring berbasis website yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK N 1 Singaraja yang pernah mengalami kekerasan. Uji efektivitas melibatkan 30 orang siswa yang mengalami kecemasan akibat kekerasan yang pernah dialami dan dalam penelitian ini menggunakan metode one group pre-test and post-test design. Uji efektivitas ini dilakukan menggunakan uji t

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Cognitive Restructuring, 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Made Rita Angreni
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:49
Last Modified: 20 Feb 2023 01:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item