Laksana, Gusti Bagus Wijaya (2023) USER EXPERIENCE APLIKASI ZOOM MEETING: ANALISIS PERSPEKTIF DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING ERA NEW NORMAL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929101004-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929101004-ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929101004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929101004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929101004-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929101004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929101004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929101004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929101004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis User Experience Aplikasi Zoom Meeting menurut perspektif dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran daring era new normal. Aspek yang dianalisis adalah daya tarik, kejelasan, ketepatan, efisiensi, stimulasi dan kebaruan dengan mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mix methods) melalui evaluasi usability menggunakan metode inquiry dengan teknik User Experience Questionnaire (UEQ) dan Wawancara mendalam. Teknik pengumpulan data kuesioner UEQ dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form, sedangkan wawancara mendalam dilakukan secara tatap muka. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja tahun ajaran 2021/2022. Dengan menerapkan teknik purposive sampling, sebanyak 7 dosen dan 123 mahasiswa terpilih menjadi sampel, kuesioner dikenakan kepada semua sampel sementara Wawancara mendalam hanya dikenakan pada 2 dosen dan 6 mahasiswa. Analisis data hasil kuesioner dilakukan menggunakan UEQ Data Analysis Tool dengan hasil aspek skala daya tarik, kejelasan, efisiensi, stimulasi yang mendapatkan hasil rata-rata skala UEQ positif, karena nilai yang didapatkan lebih dari 0.8. Selanjutnya, untuk aspek ketepatan dan kebaruan berada pada rata-rata skala UEQ netral, karena nilai yang didapatkan berada pada rentangan -0.8 sampai 0.8. Dari hasil analisis data kuesioner, aspek ketepatan memiliki nilai paling rendah dibandingkan dengan aspek lain. Hal tersebut juga diverifikasi dari data yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam. Hasil menunjukkan berbagai permasalahan dan kendala yang dialami pengguna dalam hal ketepatan aplikasi Zoom Meeting saat digunakan sebagai media pembelajaran daring. Permasalahan pada aspek ketepatan ini contohnya adalah seperti kesulitan dalam melakukan penilaian kedisiplinan serta kesulitan dalam melakukan perkuliahan yang membutuhkan keterampilan untuk praktik secara langsung. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini aspek ketepatan merupakan aspek yang masih menjadi permasalah yang harus disikapi oleh dosen, mahasiswa, maupun pengembang aplikasi Zoom Meeting.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Experience, Usability, Pembelajaran Daring, Zoom Meeting |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | GUSTI BAGUS WIJAYA LAKSANA |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14213 |
Actions (login required)
View Item |