Melyastiti, Ni Made (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021014-COVER.pdf Download (942kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021014-ABSTRAK.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021014-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021014-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan produk E-Modul, (2) mengetahui hasil validitas E-Modul, dan (3) mengetahui efektivitas E-Modul. Jenis penelitian ini penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuesioner dan metode tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pengembangan produk E-Modul berbasis PBL pada mata pelajaran Matematika dengan model ADDIE terdiri dari lima tahap, yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. (2) E-Modul berbasis PBL pada mata pelajaran Matematika dinyatakan (a) dari segi isi mata pelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 91,76% yang berada pada kategori sangat baik, (b) ahli media pembelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 96,25% yang berada pada kategori sangat baik, (c) dari segi desain pembelajaran dinyatakan valid dengan rerata skor 91,66% yang berada pada kategori sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan dengan rerata 94,5% yang berada pada kategori sangat baik (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan rerata 94,5% yang berada pada kategori sangat baik dan hasil uji coba lapangan dengan rerata 93,78% berada pada kategori sangat baik. (3) Hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t diperoleh t-hitung sebesar 19,532 dan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan db 48 diperoleh t-tabel sebesar 2,021. Hasil ini menunjukkan t-hitung > t-tabel (19,532 > 2,021), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Berbasis PBL pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, E-Modul, PBL, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ni Made Melyastiti |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 07:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 07:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14227 |
Actions (login required)
View Item |