PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF SERTA TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD NUANSA UDAYANA SILIGITA

Dialektika, komang sukma pertiwi (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF SERTA TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI PAUD NUANSA UDAYANA SILIGITA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2129111002_COVER.pdf

Download (323kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129111002_ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2129111002_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2129111002_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2129111002_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129111002_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2129111002_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129111002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129111002_LAMPIRAN.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun panduan konseling, mengetahui validiyas isi buku panduan, mengetahui kepraktisan buku panduan dan mengetagui efektivitas buku panduan konseling behavioral dengan teknik penguatan dan teknik modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode research and developement menggunakan model 4D (Define, Design, Develope, dissiminate) oleh Thiagrajan (1974). Penilai adalah lima orang ahli dalam bidang bimbingan konseling serta praktisi guru PAUD ynag ada disekolah. Dalam penilaian ini menggunakan 28 kuisioner yang mengacu terhadap validitas isi buku panduan, 30 butir kuesioner yang mengacu terhadap kepraktisan buku panduan serta 10 butir penilaian kemandirian anak yang terdapat pada lembar observasi. Kemudian selanjutnya dilakukanlah analisis dengan menggunakan rumus lawshe dengan hasil analisis validitas isi mendapatkan hasil CVR setiap item lebih dari 0 (CVR>0) serta tidak ditemukan item yang bernilai lebih kecil; dari 0 (CVR<0). Nilai CVI diperoleh nilai 1, maka dapat diartikan kelayakan buku panduan ini tinggi untuk dikembangkan, uji kepraktisan buku panduan atas penilaian 2 orang guru dinyatakan praktis (85,7%), efektivitas buku panduan memperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 atau di bawah 0,05 sehingga dapat dikatakan buku panduan konseling behavioral efektif untuk meningkatkan kemandirian anak serta menghasilkan sebuah buku panduan behavioral dengan teknik penguatan positif dan modeling untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Penguatan Positif, Teknik Modeling, Kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QP Physiology
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Komang Sukma Pertiwi Dialektika
Date Deposited: 21 Feb 2023 05:34
Last Modified: 21 Feb 2023 05:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item View Item