Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas x Bahasa SMA Negeri 1 Melaya

Wati, Desak Made Widnyana (2020) Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas x Bahasa SMA Negeri 1 Melaya. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512061037-COVER.pdf

Download (457kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512061037-ABSTRAK (1).pdf

Download (206kB)
[img] Text (1512061037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf)
1512061037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text (1512061037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf)
1512061037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (1512061037-METODELOGI PENELITIAN.pdf)
1512061037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (112061037-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf)
1512061037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (1512061037-BAB 5 PENUTUP.pdf)
1512061037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (1512061037-DAFTAR PUSTAKA.pdf)
1512061037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (1512061035-LAMPIRAN.pdf)
1512061037-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran   dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Melaya, (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Melaya serta upaya mengatasinya. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Melaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan media pembelajaran bahasa Jepang di kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Melaya yang sudah dilaksanakan secara rutin yaitu media visual (powerpoint, laptop), media proyeksi diam (LCD projector), media visual sederhana (benda nyata yang ada di dalam kelas, papan tulis, kartu bergambar, kartu huruf, buku pelajaran berupa sakura 1 dan kira-kiranihongo), media audio (speaker). (2) Kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media yaitu berasal dari teknik pemilihan media dan karakteristik siswa. Solusi guru dalam mengatasi kendala pemanfaatan media pembelajaran yaitu menyesuaikan media pembelajaran dengan materi dan menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan dengan kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media visual, media visual sederhana, media audio, media proyeksi diam, kendala
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Desak Made Widnyana Wati
Date Deposited: 26 Feb 2020 07:38
Last Modified: 26 Feb 2020 07:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item