Arini, Ni Made (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUATAN IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031215-COVER.pdf Download (293kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031215-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031215-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031215-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031215-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031215-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki 4 tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun bahan ajar, (2) menganalisis validitas isi bahan ajar, (3) menganalisis kepraktisan bahan ajar, dan (4) menganalisis keefektifan bahan ajar muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak terhadap hasil belajar IPS kelas V sekolah dasar. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah produk bahan ajar muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak siswa kelas V, dengan validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) bahan ajar yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas ahli desain sebesar 94,64% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan ahli materi sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, (2) tingkat pencapaian kepraktisan bahan ajar yang ditinjau dari respons praktisi dan siswa mendapat kualifikasi sangat baik, 95% ditinjau dari hasil respons praktisi dan 98,80 ditinjau dari hasil respons siswa, (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (dengan taraf signifikansi 5%) sehingga bahan ajar muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Heutagogy, Subak, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Arini |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 01:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14292 |
Actions (login required)
View Item |