PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUATAN IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PATAS

Arini, Ni Made (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUATAN IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031215-COVER.pdf

Download (293kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031215-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031215-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031215-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031215-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031215-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031215-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031215-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031215-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki 4 tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun bahan ajar, (2) menganalisis validitas isi bahan ajar, (3) menganalisis kepraktisan bahan ajar, dan (4) menganalisis keefektifan bahan ajar muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak terhadap hasil belajar IPS kelas V sekolah dasar. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi dan (5) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah produk bahan ajar muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak siswa kelas V, dengan validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) bahan ajar yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas ahli desain sebesar 94,64% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media sebesar 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan ahli materi sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, (2) tingkat pencapaian kepraktisan bahan ajar yang ditinjau dari respons praktisi dan siswa mendapat kualifikasi sangat baik, 95% ditinjau dari hasil respons praktisi dan 98,80 ditinjau dari hasil respons siswa, (3) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (dengan taraf signifikansi 5%) sehingga bahan ajar muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Heutagogy, Subak, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Arini
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:56
Last Modified: 21 Feb 2023 01:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14292

Actions (login required)

View Item View Item