Merdianti, Kadek Febriana (2023) The Effect of TED-Ed on the 11th Grade Students' Listening Skill at SMAN 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021115-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021115-ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021115-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh TED-Ed terhadap kemampuan menyimak siswa kelas 11 di SMAN 1 Singaraja. Studi ini menerapkan desain penelitian campuran sekuensial eksplanatori, dimana metode kuantitatif dengan menggunakan post-test only control group design dilakukan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan metode kualitatif dengan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 11 di SMAN 1 Singaraja dan sampelnya adalah kelas XI MIPA 1 sebagai grup eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai grup kontrol. Kedua grup tersebut sama-sama terdiri atas 32 siswa. Data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif dan inferensial statistik. Sedangkan data kualitatif menggunakan analisis dekspritif. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis, data menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan terhadap penggunaan TED-Ed dalam kemampuan menyimak siswa dengan hasil independent sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dibawah 0,05, yaitu 0,003. Efek tersebut terlihat dalam grup eksperimen yang mendapat rata-rata skor lebih besar disbanding grup kontrol, yaitu 80,03 > 70,49. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan diantara kedua grup. Berdasarkan hasil effect size test oleh Cohen’s d, level dari efek yang diberi ada di kategori medium. Selain itu, melalui wawancara, siswa juga memberi respon yang positif terhadap penggunaan TED-Ed dalam pelajaran menyimak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa TED-Ed mempengaruhi kemampuan mendengar siswa dalam level medium dan mengungguli siswa yang diajar dengan media berbasis audio. TED-Ed dapat direkomendasikan sebagai platform untuk belajar menyimak karena sangat bermanfaat untuk siswa di beragam aspek. Peneliti di masa mendatang disarankan untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan TED-Ed tanpa melibatkan subtitle Indonesia untuk meningkatkan kemampuan siswa selama proses belajar menyimak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknologi, TED-Ed, menyimak |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Febriana Merdianti |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 13:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 13:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14345 |
Actions (login required)
View Item |