PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MUATAN IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TITAB

Adiningsih, Ni Kadek Dwi (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MUATAN IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TITAB. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031196-COVER.pdf

Download (659kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031196-ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031196-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031196-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031196-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031196-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031196-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031196-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031196-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data validitas multimedia interaktif bersumber dari ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Data kepraktisan bersumber dari guru/praktisi di sekolah dasar dan 9 orang siswa untuk uji kelompok kecil. Pengujuan efektifivas dilakukan menggunakan desain one group pre-test post-test pada 18 orang siswa kelas V SD. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak dinyatakan (1) valid berdasarkan hasil penilaian ahli materi pembelajaran yaitu 91,7% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran yaitu 92,86% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian ahli media pembelajaran yaitu 97,2% dengan kualifikasi sangat baik; (2) praktis berdasarkan hasil uji respons guru/praktisi yaitu 91,25% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil yaitu 94,46% dengan kualifikasi sangat baik; (3) efektif terhadap literasi budaya siswa dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif terhadap literasi budaya saat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif1. IPS2. Heutagogy3. Sistem Subak4. ADDIE5.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Adiningsih
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:14
Last Modified: 22 Feb 2023 02:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14409

Actions (login required)

View Item View Item