Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Terintegrasi Konteks Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP

Dwipayana, Putu Agus Putra (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Terintegrasi Konteks Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2023071005-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071005-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071005-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul IPA SMP kelas VII berbasis mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengakomodasi model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif melalui kuisioner validitas ahli, kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Uji efektivitas dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pre-test-post-test design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) e-modul dikemas dengan mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal yang dilengkapi ilustrasi fenomena alam sekitar, budaya Bali, video, audio, dan kuis interaktif. (2) e-modul IPA dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 96,23. (3) e-modul IPA sangat valid dari segi materi dengan koefesien validasi Gregory 1,00, sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata 95,00, sangat valid dari segi bahasa dengan nilai rata-rata 99,20. (4) e-modul sangat praktis oleh guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata berturut-turut 94,61 dan 91,89. (5) e-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai <gain score> 0,53 kualifikasi sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-modul IPA berbasis mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal dinyatakan valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Hasil Belajar, Mind Mapping, Konteks Budaya Lokal.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: PUTU AGUS PUTRA DWIPAYANA
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:42
Last Modified: 22 Feb 2023 04:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item