Septiari, Pande Ayuk (2023) A Grammatical Error Analysis of Students' Written Recount Texts during Online Learning at SMA Negeri 1 Tegallalang. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021165-COVER.pdf Download (749kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021165-ABSTRAK.pdf Download (403kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021165-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021165-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021165-LAMPIRAN.pdf Download (687kB) |
Abstract
Tata bahasa menjadi salah satu komponen tulisan yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan produk tulisan yang baik. Namun, kompleksitas tata bahasa Inggris masih menjadi kesulitan siswa dalam menulis. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan tata bahasa serta sumber kesalahan tata bahasa yang ditemukan dalam teks recount yang ditulis oleh siswa selama pembelajaran online di SMA Negeri 1 Tegallalang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Tegallalang sebagai subjek penelitian, diuji untuk menulis teks recount, dan kesalahan tata bahasa yang diperoleh dari teks recount tertulis sebagai objek penelitian dianalisis dan diklasifikasikan. Data yang diperoleh dianalisis dan diklasifikasikan menjadi empat jenis kesalahan utama yang selanjutnya dibagi menjadi sebelas sub-jenis kesalahan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Dulay et al. (1982). Sumber kesalahan diidentifikasi berdasarkan empat sumber kesalahan yang dikemukakan oleh Brown (2007). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa melakukan sebelas jenis kesalahan tata bahasa dalam menulis teks recount dengan total 143 kesalahan, dimana kesalahan terbanyak adalah kesalahan alternating form dengan total 70 kesalahan (49,0%). Selain itu, terdapat empat sumber penyebab kesalahan, dan sumber utama kesalahan adalah interlingual transfer yang mempengaruhi 54 kesalahan (37,8%). Selanjutnya, mengetahui dan menganalisis kesalahan tata bahasa yang dilakukan oleh siswa dalam tulisannya, seperti dalam menulis teks recount, dapat memudahkan siswa dalam belajar dan mengurangi kesalahan, bahkan dapat dijadikan acuan oleh guru untuk menentukan bagian mana yang perlu dijelaskan lebih lanjut dengan menekankan pada kesalahan yang paling sering terjadi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Kesalahan Tata Bahasa, Text Recount. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | PANDE AYUK SEPTIARI |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 06:16 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 06:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14446 |
Actions (login required)
View Item |