Dewi, Wanda Dian Paramesti Fortuna (2023) THE EFFECT OF NEARPOD TOWARD TENTH-GRADE STUDENTS’ READING SKILL AT SMA NEGERI 1 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021104-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021104-ABSTRAK.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021104-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021104-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021104-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Membaca adalah dasar dari pembelajaran, tetapi siswa menunjukkan pemahaman yang buruk dalam membaca yang membawa mereka pada masalah yang lebih kompleks. Untungnya, perkembangan teknologi telah memfasilitasi proses pembelajaran bahasa Inggris. Banyak peneliti melakukan studi tentang perangkat TIK dalam pembelajaran bahasa Inggris, namun hanya sedikit temuan penelitian yang meneliti Nearpod dalam proses pembelajaran terutama membaca. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Nearpod terhadap keterampilan membaca siswa. Peneliti menerapkan metode campuran dengan desain sekuensial eksplanatori yang menggabungkan desain post-test only dan wawancara untuk mengumpulkan data. Partisipan penelitian ini adalah 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data kuantitatif dianalisis menggunakan independent-samples t-test dan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis model interaktif dari Miles, et al. (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Nearpod membawa perbedaan yang signifikan pada keterampilan membaca siswa antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan ukuran efek sedang. Kelompok eksperimental (M=80.76) mengungguli kelompok kontrol (M=70.77). Selain itu, hasil wawancara mengungkapkan bahwa Nearpod secara positif mempengaruhi proses pembelajaran membaca siswa. Nearpod memungkinkan siswa untuk mengakses materi kapan saja dan di mana saja. Ini memberikan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif, efisien, menarik, berpusat pada siswa serta umpan balik dalam waktu singkat. Penelitian selanjutnya dianjurkan untuk meneliti pemanfaatan Nearpod di keterampilan bahasa Inggris atau mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nearpod, Keterampilan Membaca, Bahasa Inggris, MALL, Perangkat TIK dalam Pembelajaran Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Wanda Dian Paramesti Fortuna Dewi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:48 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14463 |
Actions (login required)
View Item |