Merta, Luh Wina Sari (2023) DEVELOPING SUPPLEMENTARY MATERIALS OF ENGLISH FOR HOUSEKEEPING THROUGH BLENDED LEARNING FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081017-COVER.pdf Download (961kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081017-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081017-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tambahan bahasa Inggris untuk tata graha. Metode Research and Development digunakan sebagai penelitian yang dirancang khusus dengan mengadaptasi sepuluh langkah pengembangan materi yang dikemukakan oleh Dick et al., (2015). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris, seorang guru Housekeeping, tiga staff housekeeping, tiga siswa kelas dua belas yang mengikuti program pelatihan, dan 36 siswa kelas sebelas yang dipilih sebagai sampel penelitian. Data diperoleh dengan melakukan analisis dokumen, wawancara, survei kuesioner, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara, angket, rubrik tes berbicara. Data kualitatif dianalisis dengan Analisis Data Kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan uji t sampel berpasangan. Ada empat temuan yang terungkap dalam penelitian ini. Pertama, bahan yang dibutuhkan siswa; materi autentik, materi keterampilan terpadu, fungsi bahasa dalam kerumahtanggaan, dan materi pendukung blended learning. Kedua, ada sepuluh langkah pengembangan materi pembelajaran; identifikasi tujuan instruksional, analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan konteks, desain tujuan kinerja, desain instrumen penilaian, pengembangan materi, evaluasi formatif, revisi, evaluasi sumatif. Ketiga, kualitas produk yang dikembangkan sangat baik dengan skor penilaian ahli materi; 98 dengan mean 4,90 dan 97 dengan mean 4,85 dan hasil penilaian ahli media menunjukkan skor yang diberikan oleh juri ahli media adalah 97 dengan mean 4,85 dan 96 dengan mean 4,80. Keempat, ditemukan bahwa bahan yang dikembangkan efektif dengan Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan ukuran efek besar 1,295352.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Inggris untuk keperluan khusus, housekeeping, bahan pelengkap |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Luh Wina Sari Merta |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:38 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14471 |
Actions (login required)
View Item |