Diarsini, Made Sri (2023) THE EFFECT OF BLENDED ENGLISH LITERACY-BASED ASSESSMENT ON STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE COMPETENCY AND ATTITUDE IN GRADE 7 SEMESTER 2: A QUASI-EXPERIMENTAL RESEARCH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081022-COVER.pdf Download (613kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081022-ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (355kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081022-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian eksperimen semu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis pengaruh penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa, 2) menganalisis pengaruh penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap sikap siswa, dan 3) menganalisis pengaruh simultan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa dan sikap siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tabanan. Sampel penelitian ini adalah 50 siswa, 25 untuk kelompok eksperimen dan 25 untuk kelompok kontrol. Mereka dipilih melalui pengujian prasyarat untuk memastikan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara seluruh kelompok. Data penelitian ini dianalisis menggunakan independent-samples t-test dan MANOVA dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa (p < 0,05, Cohen's D = 1,70), 2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap sikap siswa (p < 0,05 Cohen's D = 0,73), dan 3) terdapat pengaruh pengaruh simultan yang signifikan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa dan sikap siswa (p < 0,05). Temuan penelitian ini mendukung penelitian tahun pertama terkait pengembangan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran yang dilakukan oleh Wijaya (2022). Selanjutnya, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran, khususnya asesmen sebagai pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengimplementasikan penilaian atas pembelajaran dalam asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian sebagai pembelajaran, sikap, kompetensi, pemelajaran campuran, literasi Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | Made Sri Diarsini |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 06:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 06:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14473 |
Actions (login required)
View Item |