THE EFFECT OF BLENDED ENGLISH LITERACY-BASED ASSESSMENT ON STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE COMPETENCY AND ATTITUDE IN GRADE 7 SEMESTER 2: A QUASI-EXPERIMENTAL RESEARCH

Diarsini, Made Sri (2023) THE EFFECT OF BLENDED ENGLISH LITERACY-BASED ASSESSMENT ON STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE COMPETENCY AND ATTITUDE IN GRADE 7 SEMESTER 2: A QUASI-EXPERIMENTAL RESEARCH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081022-COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081022-ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (355kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081022-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian eksperimen semu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis pengaruh penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa, 2) menganalisis pengaruh penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap sikap siswa, dan 3) menganalisis pengaruh simultan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa dan sikap siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tabanan. Sampel penelitian ini adalah 50 siswa, 25 untuk kelompok eksperimen dan 25 untuk kelompok kontrol. Mereka dipilih melalui pengujian prasyarat untuk memastikan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara seluruh kelompok. Data penelitian ini dianalisis menggunakan independent-samples t-test dan MANOVA dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa (p < 0,05, Cohen's D = 1,70), 2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap sikap siswa (p < 0,05 Cohen's D = 0,73), dan 3) terdapat pengaruh pengaruh simultan yang signifikan dalam penerapan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran terhadap kompetensi bahasa Inggris siswa dan sikap siswa (p < 0,05). Temuan penelitian ini mendukung penelitian tahun pertama terkait pengembangan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran yang dilakukan oleh Wijaya (2022). Selanjutnya, disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menerapkan asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran, khususnya asesmen sebagai pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengimplementasikan penilaian atas pembelajaran dalam asesmen berbasis literasi bahasa Inggris dalam pembelajaran campuran ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: penilaian sebagai pembelajaran, sikap, kompetensi, pemelajaran campuran, literasi Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: Made Sri Diarsini
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:32
Last Modified: 22 Feb 2023 06:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item