Eka Suarmika, Putu (2023) REKONSTRUKSI PENDIDIKAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA: MODEL INTEGRASI DAN ADAPTASI KEARIFAN LOKAL BALI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1639031006-Cover.pdf Download (443kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1639031006-Abstract.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1639031006-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639031006-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639031006-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031006-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1639031006-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639031006-Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1639031006-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (a) Mengidentifikasi dan menganalis bentuk-bentuk serta nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat Bali dalam pengurangan risiko bencana; (b) Mengidentifikasi dan menganalisis tentang bentuk pembelajaran pengurangan risiko bencana yang diterapkan di SD; dan (c) Menghasilkan model konseptual pembelajaran berbasis kearifan lokal Bali sebagai bentuk rekonstruksi pendidikan pengurangan risiko bencana di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi interpretatif, meta-analisis kualitatif artikel dan diskriptif interpretatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Bali dan artikel penelitian. Temuan penelitian ini adalah: (1) Bentuk kearifan lokal masyarakat adat Bali dalam PRB terdiri dari unsur karakter tangguh, pengetahuan asli bencana lokal dan mitigasi bencana asli; (2) Terdapat empat bentuk atau pola pembelajaran pengurangan risiko bencana yang diterapkan atau dilaksanakan pada SD dibeberapa wilayah Indonesia, yaitu model kontekstual terintegrasi, model kontekstual tidak terintegrasi, penerapan setelah bencana dan bersifat jangka pendek; dan (3) Bentuk rekontruksi PRB dengan model konseptual pembelajaran di SD berbasis kearifan lokal masyarakat adat Bali yang terdiri dari empat langkah utama, yaitu analisis, integrasi, seleksi dan proses. Mengacu pada temuan penelitian direkomendasikan untuk lebih mengedepankan integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran pengurangan risiko bencana di SD.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bencana, kearifan lokal, pembelajaran pengurangan risiko bencana |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Putu Eka Suarmika |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 03:59 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 03:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14506 |
Actions (login required)
View Item |