PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 BANYUNING PASCA PANDEMI COVID-19

Br Sembiring, Adevia Natasya (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 3 BANYUNING PASCA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031142-COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031142-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031142-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031142-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031142-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031142-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031142-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031142-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031142-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ; (1) Mendeskripsikan proses pengembangan E-modul interaktif untuk mengatasi ketertinggalan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (2) Mendeskripsikan hasil validasi produk E-modul pembelajaran interaktif untuk mengatasi ketertinggalan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial siswa (3) Mendeskripsikan respon siswa dalam menggunakan E-modul pembelajaran interaktif untuk mengatasi ketertinggalan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, dan (4) Mendeskripsikan Efektifitas produk E-modul pembelajaran interaktif untuk mengatasi ketertinggalan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE . Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data survei dilakukan dengan metode observasi,wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Temuan hasil yang diperoleh ; (1) Proses pengembangan E-Modul interaktif meliputi lima tahap pengembangan: tahap analisis,tahap desain , tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi, (2) E-Modul interaktif divalidasi sebagai berikut : a) hasil review ahli isi pembelajaran berkualifikasi sangat baik (98,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran berkualifikasi baik (88,00%), (c) hasil review ahli media pembelajaran berkualifikasi sangat baik (97,00%), (d) hasil uji perorangan berkualifikasi sangat baik (95,71%),dan (e) hasil uji kelompok kecil berkualifikasi sangat baik (94,04%) , (3) Respon siswa diperoleh dari data angket siswa,hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase respon siswa terhadap E-Modul interaktif pada setiap indikator memiliki kualifikasi sangat kuat, dan (4) Uji efektifitas E-modul interaktif berdasarkan : (a) uji validitas butir tes berkualifikasi sanget relevan, (b) uji validitas tes berada pada tingkat valid, (c) uji reabilitas tes berkualifikasi sangat, (d) uji daya pembeda tes termasuk dalam kategori cukup, dan (e) uji taraf kesukaran tes termasuk dalam kategori sedang. Secara umum, hasil menunjukkan bahwa E-Modul interaktif berkualitas sangat tinggi untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar1. E-Modul Interaktif2. Pengembangan3.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Adevia Natasya Br Sembiring
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:12
Last Modified: 22 Feb 2023 08:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14519

Actions (login required)

View Item View Item