Oktavianiasih, Ni Putu (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI TRIGONOMETRI BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS X. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011032-COVER.pdf Download (563kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011032-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011032-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011032-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan salah satu aspek penting bagi peserta didik dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Peserta didik juga harus diberikan pengalaman belajar yang inovatif sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fungsi trigonometri berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keaktifan peserta didik. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah modul dan LKPD berbasis discovery learning. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning ini menggunakan model 4D yang meliputi proses tahapan define, design, development, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1, X IPA 4, dan X IPA 5 SMA Negeri 8 Denpasar. Instrumen yang digunakan untuk menilai modul dan LKPD berbasis discovery learning yang dikembangkan adalah lembar validasi modul dan LKPD untuk menilai kevalidan, angket respon peserta didik dan guru untuk menilai kepraktisan, serta tes pemahaman konsep yang terdiri dari pretest dan post-test serta angket keaktifan peserta didik untuk menilai keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis discovery learning dan modul yang dikembangkan memiliki kualitas valid, praktis, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Denpasar. Hal ini didukung dengan hasil gain score tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 57,88 tergolong dalam kategori “efektif”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, discovery learning, perangkat pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Oktavianiasih |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:44 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14530 |
Actions (login required)
View Item |