Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022

Meylani, Dewi (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811021006-COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811021006-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811021006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan produk media pembelajaran video pembelajaran interaktif pada materi semangat kebangkitan nasional tahun 1908 yang layak untuk pembelajaran PKN, (2) mengetahui hasil validitas video pembelajaran interaktif, (3) mengetahui keefektifan dari penggunaan video pembelajaran interaktif di SMP Negeri 2 Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan yang berjumlah 28 orang. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk media video pembelajaran interaktif dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi mata pelajaran sebesar 96,00% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 94,00% (sangat baik) dan ahli media pembelajaran sebesar 94,00% (sangat baik) serta respon angket peserta didik, yakni uji coba perorangan sebesar 96,66% (sangat baik), kelompok kecil sebesar 97,14% (sangat baik), dan lapangan sebesar 94,57% (sangat baik), (2) produk media video pembelajaran interaktif dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pre-test sebesar 37,14 (kurang), dan post-test sebesar 80,51 (baik) dan dilakukan perhitungan dengan uji-t memperoleh hasil pada kolom signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa signifikansi kurang dari 0,05 (p<0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran interaktif dengan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran interaktif pada mata pelajaran PKN siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2021/2022. Dapat disimpulkan bahwa Video pembelajaran interaktif ini efektif digunakan untuk mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran interaktif, PKN, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Dewi Meylani
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:40
Last Modified: 24 Feb 2023 02:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14593

Actions (login required)

View Item View Item