Ardianto, Bregas (2023) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051076-COVER.pdf Download (770kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051076-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051076-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Seririt khususnya pada mata pelajaran kimia materi larutan asam basa penggunaan media dan sumber belajar masih kurang efektif dikarenakan terbatasnya sumber belajar seperti halnya buku atau modul kimia yang menyebabkan penurunan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Berbantuan kecanggihan dari perkembangan teknologi maka diperlukan suatu pengembangan konten pembelajaran interaktif sebagai alternatif dari permasalahan yang ada, yaitu peserta didik kurang memahami materi yang dijelaskan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan konten pembelajaran berbasis problem based learning dengan menggunakan software adobe captivate, serta untuk mengetahui respon pendidik maupun peserta didik terhadap dikembangannya konten interaktif. Adapun jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Selain itu subjek yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah 38 orang peserta didik kelas MIA 3 di SMA Negeri 1 Seririt. Beberapa tahap penelitian telah dilalui maka diperoleh suatu produk konten pembelajaran interaktif berbantuan software adobe captivate yang diimplementasikan melalui LMS google classroom memperoleh skor 1,00 untuk uji ahli isi dan uji ahli media yang berada pada kriteria Sangat Valid. Selain itu hasil uji efektivitas menggunakan N-Gain memperoleh nilai 0,8 dengan kriteria Efektif. Kemudian berdasarkan dari perhitungan respon guru dan peserta didik menunjukkan rata-rata skor yaitu 43 dan 65,29 yang berada pada kategori Sangat Positif dan Sangat Praktis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Larutan Asam dan Basa, Kimia, Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Bregas Ardianto |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 01:03 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14599 |
Actions (login required)
View Item |