Cristiana, Olga (2023) Developing an Authentic Assessment Rubric in Kurikulum Merdeka with 21st Century Learning Methods for 10th Grade Students. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021236-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021236-ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021236-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021236-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912021236-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021236-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021236-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021236-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021236-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rubrik merupakan salah satu alat penilaian yang membantu guru dalam proses penilaian untuk membimbing guru dalam melakukan penilaian dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih teratur. Saat ini, pemerintah Indonesia mulai menerapkan kurikulum baru bernama Kurikulum Merdeka. Penilaian autentik merupakan salah satu penilaian yang ditekankan dalam kurikulum ini. Guru harus mengetahui apa itu penilaian otentik dan bagaimana menerapkan penilaian, memberikan umpan balik, dan membimbing siswa berdasarkan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan penilaian autentik. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan rubrik penilaian otentik pada Kurikulum Merdeka dengan metode pembelajaran abad 21 yaitu Discovery Based Learning, Problem Based Learning, dan Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (DnD) dengan menggunakan teori Richey dan Klein (2007). Ada 4 tahapan yang dilalui dalam pengembangan produk, yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan di SMAN 4 Singaraja dengan 42 responden yang terdiri dari seorang guru bahasa Inggris dan 41 siswa kelas 10 sebagai subjek. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode campur sari (secara kualitatif dan kuantitatif). Pada tahap analisis, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa instrumen seperti angket, wawancara, dan analisis dokumen untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan kriteria yang harus diikuti oleh peneliti dalam mengembangkan produk. Pada tahap Design dibuat blueprint sebagai panduan untuk mengembangkan produk. Pada tahap Development, rubrik dikembangkan berdasarkan blueprint yang telah dibuat. Rubrik yang dikembangkan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, topik pembelajaran, tema, metode pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran berdasarkan sintaks masing-masing metode dan dilengkapi dengan petunjuk bagi guru dan siswa serta jenis penilaian yang tepat. Setelah dievaluasi oleh para ahli dalam tahap evaluasi, ditemukan bahwa rubrik penilaian otentik dikategorikan sebagai rubrik yang sangat baik dan layak digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kata Kunci: Rubrik penilaian autentik, kurikulum merdeka, metode pembelajaran abad 21, guru dan siswa kelas 10 SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rubrik penilaian autentik, kurikulum merdeka, metode pembelajaran abad 21, guru dan siswa kelas 10 SMA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Olga Cristiana |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:46 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14626 |
Actions (login required)
View Item |