PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL

Sinar, Maria Mutiara (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713031027-COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031027-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1713031027-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1713031027-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1713031027-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031027-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1713031027-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031027-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar kimia pada materi Konsep Mol siswa kelas X SMA Negeri 1 Cibal. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas X IPA SMAN 1 Cibal. Sampel dalam penelitian ini adalah yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah hasil belajar kimia, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran STAD. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes belajar, aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi sedangkan data respon siswa menggunakan angket. Uji hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji N-Gain independent t-test dengan taraf siginifikan 0,05%. Hasil uji N-Gain independent T-test didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, artinya H0 di tolak atau Ha di terima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa pada materi Konsep Mol SMA Negeri 1 Cibal tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar, konsep mol dan keaktifan belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: MARIA MUTIARA SINAR
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:05
Last Modified: 23 Feb 2023 06:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

View Item View Item