PUTRA, I KETUT AGUS DHIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ICT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI BOLA BASKET CHEST PASS DAN BOUNCE PASS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011068-COVER.pdf Download (730kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011068-ABSTRAK.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (487kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1816011068-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (658kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011068-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar variasi teknik dasar (chest pass dan bounce pass) dalam permainan bola basket melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 5 Singaraja tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data hasil belajar variasi teknik dasar (chest pass dan bounce pass) dalam permainan bola basket menggunakan tes untuk hasil belajar aspek kognitif serta lembar observasi untuk hasil belajar aspek afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase ketuntasan klasikal dan hasil rata-rata persentase antar siklus kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar pada aspek afektif, siklus I sebesar 84,8%, siklus II sebesar 87,9%, sehingga terjadi peningkatan 3,1%. Pada aspek kognitif, siklus I sebesar 81,8%, siklus II sebesar 90,9%, sehingga terjadi peningkatan 9,1%. Pada aspek psikomotor, siklus I sebesar 84,8%, siklus II sebesar 93,9%, sehingga terjadi peningkatan 9,1%. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi bola basket. Disarankan kepada guru PJOK agar berinovasi dan kreatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemanfaatan ICT agar peserta didik lebih tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning berbasis ICT, hasil belajar, teknik dasar permainan bola basket |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Ketut Agus Dhiana Putra |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:46 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14656 |
Actions (login required)
View Item |